Bahasa

Kebun Mawar Situhapa

Setelah mengadakan survey di beberapa lokasi, pada ahkhirnya diputuskan untuk memilih sebuah lahan seluas 5 HA yang berlokasi di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tanahnya ber bukit-bukit dengan pemandangan yang sangat indah, seluas 5 HA yang sebagian besar merupakan tanah datar dan berada pada ketinggian 1150 m dpl. Oleh penduduk setempat, laan ini diberi nama SITUHAPA.

Rancangan tata letak taman bunga di KEBUN MAWAR memiliki 2 jalur lintasan utama, yaitu lintasan utama pertama yang memanjang sejajar bukit dan lintasan utama ke dua yang bersilangan dengan lintasan utama pertama. Jalur lintasan utama pertama dimulai dari pintu masuk utama KEBUN MAWAR dan berakhir di tepi jurang yang berpemandangan indah ke arah kota Garut dan ke arah Gunung Cikuray. Jalur lintasan utama ke dua dimulai dari kaki bukit dan mengarah ke kawah Gunung Papandayan.

Bangunan utama Bertingkat 2 yang dibangun pada pertimbangan kedua bangunan tersebut, menggunakan kayu sebagai bahan utamanya. Meskipun bentuknya sederhana, tetapi bangunan ini memadai untuk berperan sebagai titik orientasi.

Lokasi tanaman yang ada di KEBUN MAWAR dirancang dalam bentuk pulau-pulau sehingga menghasilkan ruang-ruang diantara pulau-pulau tersebut dalam skala manusia. pulau-pulau tersebut akan membentuk zona-zona jenis tanaman tertentu, antara lain zona mawar, zona azalea, zona begonia, zona cana zona tanaman air dan zona tanaman-tanaman lainnya. Zona tanaman mawar Damacena yang baunya sangat wangi menempati lahan yang terbesar dibanding zona bunga-bunga lainnya sehingga terjadilah hamparan bunga mawar.

Kontak

Peta Situhapa